Dilema

Let me share you all of my Dilemas…..

Berawal baca berita di media tentang masih ada tambang timah yang beroperasi diwilayah Bangka .

Hi guys kalian tau Bangka Belitung ya? gue berharap sudah tau Jokowi aja udah dua masuk periode kedua ntar kalo ga tau ga dikasih sepeda lho sama Jokowi ( barangkali Jokowi dateng bawa hadiah dan nanyain Bangka Belitung itu dimana dan apa?).

bangka Belitung merupakan salahsatu Provinsi kepulauan yang berada deket-deket selatannya Pulau Sumatera. oh ya, pas jamannya laskar pelangi lagi booming, sbanyak yang bilang ,”oh, tempat laskar pelangi itu”. yups, itu dia pulau belitungnya, dan ada lagi Pulau Bangkanya, jadi Bangka Belitung gabungan dari pulau bangka dan belitung. nah, saya nerasal dari pulau bangka nya ini guys,, lahir besar disana kemudian setelah mikir panjang ala-ala anak tamat sekolah yang pengen jadi manusia yang berguna untuk nusa dan bangsa, terutama merubah nasib ya saya merantau ke Jakarta. Then, I am settled di Jakarta now. Ya, kebanyakan mimpi para merantau si masa pensiun berada dikampnug punya sehektar sawah, kebun dan hidup yang damai bersama alam. I wish.

mendengar bangka tentu selalu kita diingatkan makanan nya yang enak-enak, ada martabak, pempek, lempah kuning, rusip, belacan aduh kalo saya yang orang Bangkanya ya bilang makanan Bangka itu enaaak dan selalu ngangenin. jamannya pariwisata berkembanga Bangka juga selalu bikin kangen, ada pantai yang cantik. kemudian yang tidak kalah khas dan di Indoensia hanya ada dipulau bangka, yakni timah .   timsh ini yang jadi salah satu mata pencaharian orang Bangka maupun Belitung. namanya Tambang inkonvesional (TI) dan ngelimbang adalah menambang butir timah.

Gegara ada timah kehidupan dan ekonomi  keluarga saya berubah dan timah mulai susah pun kehidupan kami berubah.

Saya anak dari  penambang timah, pekerja ti, ngelimbang, mutik tailing ( ambil cari sisa timah) merasakan dimasa jaya timah seingat saya mulai pada tahun 2000-an saya kelas 4 SD. secara ekonomi, semuaberubah menjadi cari duit itu mudah,  siang  ngelimbang malamnya menjual hasil perolehan timah dan sudah bisa dapat duit. tidak hanya melimbang, ada namanya saton kalo kami yang sekolah kan tidak berangkat ngelimbang ini jadi sepulang sekolah kami bisa  numbuk batu yang ada timah (saton) dan diupah yang lumayan. mudah dapat duit saat itu.

efek positif nya Duit mudah didapat, motor laku kayak kacangkulit, rumah jadi gedong semua, banyak yang terangkat dari deraja ekonominya bahkan hidupnya. Bisa sekolahin anak, kuiahin, naik haji, beli mobil, bahkan bener2 jadi orang berada, emas berantai-rantai, bisa jalan-jalan atau  liburan.

efek negatinya pada saat itu banyak anak seumur saya yang putus sekolah, bahkan teman akrab saya hanya mau menamatkan samapai SD saja. karena sudah terlena dengan mudahnya cari duit tidak perlu cari kerjaan lain. cari duit mudah dengan TI dan neglimbang ini. bagaimana tidak tergiur, anak kelas 5 SD sudah bisa nabung beli motor mio? jajan tidak minta orangtua, dan mau beli apa gampang.

Pasar malam jadi ramai, orang bosa jajan dengan royal, arisan-arisan lancar. Motor setiap rumah punya sesuai jumlah anggota keluarga, kalau ad 10 orang, ya 10 motornya. Ada yang cerdas kala itu duit yg banyak itu dideposiot, dibeli lahan rumah kampung, emas, intinya investasi dan menabung.

Imbas dr tambamg timah ini ya lingkungan rusak, tidak subur lagi, hanya banyak gundukan pasir dan lobang bekas galian yg kedalamannya puluhan meter. Ya, ada juga yg bilang Subhanallah indah kalau diliat dari atas pesawat, kemudian sekarang ada wisata dari bekas galian timah tersebut. Cantik sekali. Dan bukan satu ini masih banyak yang lain tidak kalah cantik.

8eb628dd5326bee1c011f0083b65bc88

Tapi, ada pula harus menjadi janda diusia muda, karena suami meninggal karena tertimbum longsor gundukan tanah yg puluhan meter. Banyak. Ya kala itu jarang yg menjanda karena perceraian (beda dengan sekarang). Putus sekolah karena menganggap sudah bisa cari duit, ngapain sekolah. Banyak derajat kehidupannya berubah.

Tapi banyak juga yang terlena. Mulai ke tahun 2008 semuanya berkurang, timah mulai susah, tapi harga mahal ya ini hukum ekonomi. Orang sudah mulai belajar dari keadaan,  ada yang hidup merih ada yangg berkebun lagi, dan tanam tumbuh sayuran, kesungai untuk cari ikan, dan sawit yang mulai jaya, hampir semua masyarakat berbondong-bondong  menanam sawit. Sawit juga jahat dengan lingkungan tapi menghidupi masyarakat sangat menguntungkan. Menyadap karet juga. Timah udah susah pokoknya.

dalam keluarga saya pun berada dalam gejolak ada timah dan tidak ada timah. tahun 2006, Bapak saya hampir menjadi korban keganasan longsor undukan tanah yang mencapai puluhan meter. Alhamdulillah, allah menyelamatkan Bapak saya. Bapak saya bekerja tidak sesemangat dulu, trauma dan itu sangat wajar. Kami sekeluarga harus bersyukur atas keselamatn beliau, dan kehidupan keluarga saya beranjak berubah juga. karena kammi beralih ke kebun yang pergerakan ekonominya lambat beda jauh dengan timah.

Pada tahun 2011, saya masuk komunitas/organisasi NGO pecinta lingkungan, kemudian saya menjadi pengurus dari NGo tersebut. Sebagai ketua umum untuk provinsi Bangka Belitung bo, saya delima dibalik rusaknya lingkungan Bangka Belitumg, ya saya juga disitu, saya makan dan bisa sekolah dari situ juga. Well, kalau dipikir saya berusaha balas budi dengan menyelamatkan dan melindungi lingkungan sekarang yang rusak ,kira-kira begitu. Sudah banyak penelitian utk potensi, akibat segala hal tentang pasca timah ini. Kemudian perusahan besar timahnya pun mengucurkan dana CSR yg besar juga, seperti saya sekolah diasramakan dengan biaya mereka yang tanggung. Bukti penebusan dosa mereka akan kerusakan yang terjadi.

Lalu, semasa memimpin organisasi tentu kewajiban saya sesuai dengan visi organisasi tersebut, edukasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. I did, tapi utuk diagram keberhasilan akan terjaganya lingkungan atau tidak ya jauh la ya dari yang diimpikan para pecinta lingkungan, setidak saya bisa ajak keluarga teman-teman mencintai lingkungan, untuk melakukan reklamasi ,sekelasnya pemerintah pun hanya berapa persen yang berhasil. Karena itu main di reklamasi fisiknya, tetapi mindset masyarakat tidak benar-benar tereklamasi.

Kenapa? Karena perut dan dompet masih butuh timah juga.

Saya msih sering baca berita tentang kerusakan lingkungan dari timah ini, tidak hanya daratan lautan pun dihajar juga, perut tidak bisa kompromi apalagi sudah bicara jabatan. 

Masuk jaman Jokowi jadi presiden, ada uud minerba, kece nya saya berani mengkritik uu tersebut hahaha, belajarnya dri mana, banyak baca, diskusi,dan idealis seorang mahasiswa bahkan ada senior yang mementori. Jadi berani-berani saja, dan untuk pemahaman lebih sangat kurang,

Kemudian, tambang timah pun muali tidak dilakukan di bangka, utk perorangan krena itu legal, aduh jangan cerita utk penjualan, jual beli, ekspor nya ya. Wkkwkw

Hanya ada TI satu dua dalam sekampungnya itu, itu pun sembunyi-sembunyi , kalau ketangkap ya denda dan penjara karena ilegal. dan bayak lagi kebijakan yang intinya timah untuk masyarakat biasa tidak mengunutngkan dan susah.

Mulai ekonomi masyarakat Bangka melemah. Tapi tidak miskin. Orang beralih, bersawah, berkebon, sawit,nyadap karet jadi full time. Pasar malam sepi, pasar Sungailiat, Kota Pangkalpinang juga sepi.

Pemerintah menggalakkan seluruh aparat turun memberantasi TI masyrakat ini. Kemudian, mulai smelter pun terusik dengan tidak ada pemasok timah murah dan untuk jual keluar susah, smelter masih kuat untuk protes-protes nya, orang Smelter banyak pemangku jabatan dipemerintah.

istilah kami orang awam ini, mereka orang2 aok tu. Apa ge aok pun diorang ni.wkwkw

Mereka mulai protes kemudian, datang kemasyarakat dengan membawa solusi dam cara protes kemasyrakat trhadap pemerintah, giliran mereka membela masyrakat, karena sama-sama kantong mulai kering. Tidah hanya mereka, dari media juga bermain disini. tapi sesungguhnya yag rakyat kecil ini, sebenarnya tidak paham niat-niat dari beberapa yang punya kepentingan.

Jadi, kepentingan yang diperjuangkannya sebenarnya untuk siapa?? diluar untuk kepentingan kelestarian lingkungan.

Ngampus Lagi

Back to School Shopping on a College Budget

credit photo : pinterest

Selalu bersyukur kepada Nya atas semua kesempatan-kesempatan yang diberikan baik itu kesempatan kedua juga.

Ya, saya diberi kesempatan kedua dan jawaban dari doa saya sepanjang tahun ini.

Saya sudah tidak menyesalinya lagi apa yang terjadi dimasa lalu. Tentang kegagalan, saya ambil hikmahnya dan terus menjalani hidup. Sebijak-bijaknya hidup yakni hidup lah dalam kehidupan mu ( this my life slogan). Ditahun ini saya sangat berayukur saya seperti lahir kembali untuk berkarya oleh Tuhan. Dihantarkan dari keadaan yang tidak ada manusia mana pun yang mau merasakan kegagalan.

Tahun ini saya memulai kembali perjuangan untuk memdapatkan ilmu dan gelar yang tertunda sekian tahun. Doakan saya, amanah ini saya bisa jalankan dan ini benar sesuai passion saya.

Saya pun merasakan bahwa ini seperti Tuhan rancang dari kegagalan-kegagalan kemarin bahwa yang saya lakukan kemarin-kemarin tidak sesuai dengan memang keinginan saya sendiri terlebihnya saya menuntaskan harapan oranglain tapi apa dikata saya menuntaskan kegagalan.

Alhamdulillah, Tuhan beri kesempatan saya kembali kuliah dengan jurusan yang saya minati dan sekarang sudah menjadi karir saya. Terimakasih Tuhan selalu bimbing saya dalam kebaikan-kebaikan. Semoga tidak ada kata terlambat. Semoga ini penyempurnaan kehidupan untuk saya pribadi dan kebangganan kembali bagi keluarga.

I am ready to be champion in my life.

Coba tebak saya ngambil jurusan apa ya? hehe ntar kalau saya sudah profesional dalam bidangnya saya pasti akan share ya guys. Doakan saya dan kita semua sukses terus. Amiin.

Kunci Hidup Tenang di Jaman Now “Jaman Sosial Media”

Halloha,

Happy Weekend All!

5 Ways To Stay Protected And Healthy Under The Summer Sun

Hari ini saya paksakan diri untuk melawan rasa malas menulis dalam sebulan ini, yeay…hari ini malas terkalahkan. Kali ini saya akan share sekaligus mengingatkan selalu kepada saya sendiri bagaimana hidup tenang dijaman now, jaman masa kini, jaman serba instan, pintar dan cepat, yang jelas jamannya sosial media. Sosial media memiliki sisi positif yang besar dan negatif yang besar juga namun saking booming-nya negatifnya semakin bertumbuh mulai dari penipuan, pelecehan, penyebaran hoax, bullying dan penyakit mental pun terjangkit. nah, sosial media sekarang tidak kenal umur, mulai dari orok ( mak nya yang pegang) sampai nenek-nenek punya akun. gak cuma dikota besar tapi sampai kepelosok-pelosok.

Tapi, ini adalah keberhasilan pendiri sosial media, salahsatunya facebook yang dari awal bertujuan untuk menjadi alat komunikasi jarak jauh, bertemu kembali teman-teman lama nya melalui facebook .

See, sekarang malah bisa memberi pengaruh kadar julid atau kepo seseorang terhadap orang lain. Gak perlu tatap muka atau suara gede untuk berbuat jahat di sosial media hanya dengan jempol dan jari-jari kita bisa berbuat yang negatif. Ya,kalau bilang ya tergantung orang , oh iya jelas. Tapi mencegah diri sendri dari hal negatif alangkah lebih baik sehingga muncul-muncullah hal negatif yang lagi heboh Bulan kemarin bunuh dirinya seorang artis Korea ‘Suli” salah satu anggota grup girlband yang cantik dan bertalenta ya akibat depresi yang dia derita dari mental illness by social media bukan hanya Suli, masih banyak Suli lain yang tidak terekspose.

kemudian banyak yang terjangkit mental ilness ini, ada pula yang dengan seenaknya mendiagnosa sendri tanpa periksa ke yang ahlinya, hanya baca artikel satu atau liat public figur yang udah terdiagonosa dengan hasil periksa ahlinya kemudian sharing ciri-ciri dan apa yang dirasakannya untuk membuka wawasan awal tentang mental illness ya bisa follow dan nonton kontennya Marshanda bagus juga ya.

Guys, tolong la ya jangan latah periksa dulu baru ada diagnosa, jangan dikit-dikit ‘ mental illnes“. Nah tadi scrolled timeline nemu timeline-nya yang punya ko ko Calvin Hartono owner dari Gado-gado Boplo ada nasihat bijak yang dia posting biar semua tetap waras dalam kehidupannya antara lain :

  1. Jangan DENGAR yang gak perlu diDENGAR
  2. Jangan LIHAT yang gak perlu diLIHAT
  3. Jangan BICARA yang gak perlu diBICARAKAN
  4. Jangan cari TAU yang gak perlu kita TAU

Empat hal yang biar kita bisa jaga kebahagian hidup kita ini penting lho untuk jaman sekarang guys, semoga kita selalu dalam kebahagian tersebut. hehehe

Semoga bermanfaat :).

credit photo : pinterest